tas wanita

Minggu, 15 Mei 2016

TIPS MEMILIH JAMU DAN HERBAL SESUAI KEBUTUHAN PENYAKIT



TIPS MEMILIH JAMU DAN HERBAL SESUAI KEBUTUHAN PENYAKIT

            Saat ini produk jamu maupun herbal sudah sangat banyak jumlahnya dan dapat dengan mudah ditemukan. Sehingga terkadang kita bingung untuk menggunakan jamu atau herbal yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa tips berikut ini, mungkin dapat membantu anda memilih jamu dan herbal yang sesuai dengan kebutuhan penyakit yang anda derita, antara lain:
-          Sebelum memilih dan menggunakan jamu dan herbal, anda harus tahu lebih dulu penyakit anda. Untuk mengetahuinya tentu anda tidak bisa menduga-duga begitu saja dari keluhan yang anda rasakan. Anda harus periksa ke dokter atau lab.
-          Setelah anda tahu penyakitnya, mintalah saran dokter mengenai terapi terbaik untuk penyakit anda.
-          Bacalah buku-buku kesehatan, terutama yang menyangkut penyakit anda. Dari sini anda dapat mengetahui lebih dalam menganai penyakit tersebut serta jenis terapi yang tersedia dan jenis terapi yang terbaik saat ini.
-          Bila akhirnya anda memutuskan untuk menggunakan terapi alternative atau komplementer dengan menggunakan jamu atau herbal, itu merupakan keputusan anda sepenuhnya.
-          Kemudian tanyakan kepada ahlinya mengenai herbal atau jamu yang tepat untuk penyakit anda tersebut. Anda juga bisa menanyakan ke beberapa dokter yang sekaligus berprofesi sebagai pengobat tradisional. Anda juga dapat mempelajarinya dari buku bacaan popular yang banyak dijual ditoko buku.
-          Bila anda sudah menemukan herbal atau jamu ramuannya. Anda punya dua pilihan, yaitu membuat ramuannya sendiri atau membeli ramuan yang sudah dijual. Bila ternyata anda hanya memerlukan herbal tunggal, mungkin anda dapat membuatnya sendiri dari tanaman di sekitar anda, misalnya tanaman di pekarangan rumah. Tetapi bila jamu yang anda perlukan terdiri dari beberapa komponen herbal, disarankan untuk membelinya saja yang sudah siap pakai supaya tidak repot. Kecuali bila ramuan tersebut belum ada yang menjual, anda terpaksa harus membuatnya sendiri atau meminta orang lain menyiapkan untuk anda. Anda jangan khawatir karena saat ini sudah banyak klinik tradisional yang dapa membantu membuatkan ramuan khusus untuk anda.
-          Pilihlah produk yang berkualitas dengan ciri-ciri, diantaranya sebagai berikut: dijual ditempat resmi seperti apotek, toko obat atau agen remsi yang ditunjuk, nama dan alamat produsen jelas, memilki merek dagang terdaftar, memilki izin edar dari BPOM, memilki klaim sesuai aturan, tercantum tanggal kadaluarsa dank ode produksi.
-          Ikuti cara aturan pakainya, meliputi dosis setiap kali konsumsi, frekuensi pemakaiannya, dan waktu  yang tepat untuk mengkonsumsinya.
-          Ikuti pula larangan yang harus dilakukan. Larangan untuk semua penyakit adalah tidak merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol. Larangan lain tergantung jenis penyakitnya. Misalnya untuk diabetes mellitus, harus menghindari makanan dan minuman manis serta mengurangi makanan berlemak. Untuk penyakit asam urat, harus menghindari makanan dengan kadar putin tinggi seperti jeroan, udang, emping melinjo, dan kacang-kacangan. Untuk penyakit kanker harus mengindari makanan berlemak, makanan dengan pengawet, penyedap buatan, seperti vetsin dan tauge.
-          Proses penyembuhan juga harus didukung dengan penerapan pola hidup sehat dan secara psikis bisa mengendalikan stress.
-          Secara rutin anda harus memerksakan perkembangan penyakit anda ke dokter. Perubahan yang anda rasakan memang merupakan indikasi awal yang dapat anda gunakan untuk mengetahui pengaruh jamu dan herbal yang anda konsumsi. Tetapi, anda tetap perlu peiksa ke dokter untuk melihat perkembangan yang tidak anda rasakan dan secara kuantitatif bisa diukur.
-          Untuk menghindari efek samping jangka panjang, sebaiknya konsumsi jamu atau herbal dihentikan bila penyakit anda sudah benar-benar sembuh secara medis.
-          Anda dapat terus mengkonsumsi ramuan herbal dengan dosis lebih rendah (dosis pencegahan) atau mengganti ramuan herbal dengan produk suplemen herbal seperti teh celup herbal.

0 komentar:

Posting Komentar