tas wanita

Kamis, 04 Juni 2015

CARA MEMBUAT INJEOLMI



CARA MEMBUAT INJEOLMI

            Injeolmi adalah kue khas Korea Selatan yang kenyal dan rasanya manis, injeolmi terbuat dari beras ketan dan biasanya ditaburi dengan kacang-kacangan, seperti: kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, dan wijen.
            Sejarah singkat mengenai kue kenyal ini….
Pada masa dinasti Joseon saat kerusuhan terjadi di Istana, Raja Injo melarikan diri ke sebuah benteng di daerah Gongju provinsi Chungcheong Selatan untuk menyelamatkan hidupnya. Karena begitu haus dan kelaparan, sang Raja akhirnya pingsan. Seorang gadis yang melihat kejadian tersebut langsung membuat tteok (kue beras) yang ditaburi kacang kedelai. Setelah terbangun, raja langsung menyantap tteok tersebut. Saat itu pula kerusuhan di Istana telah berakhir.  Raja pun kembali ke Istana dengan selamat, tetapi sang raja tidak bisa melupakan rasa dari tteok yang dibuat gadis yang telah menolongnya. Koki istana pun diperintahkan untuk membuatnya, namun tak ada seorang pun yang tahu nama dan rasa tteok yang dimaksud Raja. Beberapa hari kemudian, para bawahan Raja mengetahui nama keluarga gadis itu, yaitu “Im”. Akhirnya, tteok tersebut diberi nama “Imjeolmi” yang memiliki arti “Tteok yang dibuat gadis bernama “Im”. Tetapi karena sulit untuk dilafalkan “Imjeolmi” diganti menjadi “Injeolmi”.

Bahan-bahan:
-          500 gram Beras Ketan (cuci bersih dan rendam selama setengah hari)
-          1 sendok teh Garam
-          1 sendok makan Gula Pasir
-          100 gram bubuk Kacang Kedelai

Cara membuat:
-          Kukus beras ketan sambil sekali-kali diaduk
-          Setelah beras ketan matang, tumbuk hingga menjadi adonan yang lengket
-          Kemudian tarik adonan tersebut dan potong kotak atau sekitar 3 cm
-          Campurkan garam dan gula pasir dengan bubuk kacang kedelai
-          Taburi beras ketan tadi dengan campuran bubuk kacang kedelai hingga merata



           Sekarang Injeolmi divariasikan dengan roti yang dipanggang, namanya Injeolmi Toast, bahan dan cara membuatnya bisa dilihat lewat video di bawah ini……






0 komentar:

Posting Komentar