tas wanita

Minggu, 08 Februari 2015

Manfaat Labu Putih




LABU PUTIH
 

Labu bisa disebut juga sebagai sayuran yang tergolong murah harganya, karena tanaman yang satu ini bisa tumbuh dimana-mana, selain itu tidak mengenal musim (hampir setiap musim berbuah), dan kita dengan mudah bisa membelinya di pasar tradisional. Labu merupakan tanaman merambat, panjangnya bisa melebihi 10 meter, batangnya mempunya bulu halus. Kulitnya putih kehijauan, daging buahnya berwarna putih, dan terdapat biji yang banyak didalamnya. Menjelang musim kemarau merupakan musim yang cocok untuk menanam labu. Kita tinggal menanam bijinya yang sudah tua pada lubang yang sudah disiapkan. Labu adalah tanaman yang tidak banyak memerlukan perhatian khusus, karena cepat tumbuh dan berbuah. Labu yang akan dibahas adalah labu putih. Jenis labu putih ada yang bentuknya lonjong memanjang dan yang berbentuk kendi seperti gambar diatas. Sebagian besar labu mengandung air, termasuk labu putih ini. Selain itu, labu maupun labu putih mengandung vitamin A dan C, garam mineral, dan cucurbitasin. Ada beberapa penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya dengan labu putih, seperti: demam dan sengatan serangga.
1.       Demam
Penyebab demam bisa diketahui dalam satu atau dua hari. Umumnya penyebab demam adalah virus. Ciri utama seseorang mengalami demam adalah panas badannya yang tidak normal seperti biasanya, ciri yang lain yaitu: Infeksi saluran kandung kemih, infeksi pada tenggorokan, infeksi sinus (mata), otot-otot terasa nyeri, dan bengkak dimulut.

Bahan-bahan:
-      Labu Muda
-      Air
Cara Membuat:
-      Kukus Labu Muda terlebih dahulu yang telah dipotong-potong
-      Setelah lunak, dinginkan
-      Kemudian, blender hingga halus
-      Air perasan diminum secara teratur setiap hari


2.       Sengatan Serangga
Sengatan serangga dimulai karena masuknya racun atau zat lain. Nyeri dan gatal adalah gejala umum yang biasanya dirasakan orang yang mengalami sengatan serangga. Sedangkan, gejala karena alergi yang parah, yaitu: wajah bengkak, mual-mual, kesulitan bernafas, perut sakit, penurunan tekanan darah.

Bahan-bahan:
-      Labu muda
Cara Membuat:
-      Cuci bersih labu muda
-      Potong menjadi dua bagian
-      Gosok kedua bagian labu hingga mengeluarkan getah
-      Oleskan getah tersebut pada bekas sengatan serangga

0 komentar:

Posting Komentar